PENGARUH PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kota Bandung)
Author: Silfiana
Abstract: Hasil audit BPK menunjukan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandung tahun 2009 mendapatkan opini disclaimer. Pemerintah Kota Bandung telah melakukan perbaikan mendapatkan opini WDP, namun masih ada 4 catatan terkait opini WDP Kota Bandung. Keputusan presiden No 74 Tahun 2001 menyebutkan bahwa melalui pengawasan diharapkan dapat membantu melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan, salah satunya pengawasan dalam sistem intern pemerintah yaitu adanya pemeriksaan oleh pimpinan terhadap kinerja bawahan agar laporan keuangan yang dihasilkan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan keuangan daerah dan sistem pengendalian intern pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian dilakukan di Pemerintah Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan 90 kuesioner dan 75 kuesioner yang dapat diterima kembali untuk diolah. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan Pengawasan Keuangan daerah dan Sistem Pengedalian Intern Pemerintah berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6654
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 60.09Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.195Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 259.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 115.6Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 109.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.28Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.47Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 242.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 297.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 517.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 916.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 111.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 167.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record