PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Keuangan Daerah Kabupaten Indramayu)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Standar Akuntansi Pemerintahan adalah prinsip-prinsip akuntansi yang diterapkan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah. Hal ini bersifat wajib baik untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah pada Dinas Keuangan Daerah Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang kemudian diolah dan dianalisis untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari masing-masing variabel dengan menggunakan program SPSS Ver. 20.0. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara penerapan standar akuntansi pemerintahan (PSAP No. 1 tentang Penyajian Laporan Keuangan) terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dengan perhitungan korelasi pearson product moment diperoleh sebesar 0,584 dan koefisien determinasi sebesar 34,1%. Dari statistik uji t dapat dilihat bahwa = 3,806 dan = 2,048, sehingga ≥ yang berarti bahwa ditolak dan diterima, artinya penerapan standar akuntansi pemerintahan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.
Description
Keywords
Standar Akuntansi Pemerintahan, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Applying Government Accounting Standards, The Quality Of Local Government Financial Reports
Citation