PENGARUH EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM SENSUS PAJAK NASIONAL (SPN) TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Penelitian Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelaksanaan program Sensus Pajak Nasional (SPN) dan tingkat kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh efektivitas pelaksanaan program Sensus Pajak Nasional (SPN) terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah efektivitas pelaksanaan program Sensus Pajak Nasional (SPN) sebagai variabel independen. Sedangkan tingkat kepatuhan Wajib Pajak sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Karees yang berjumlah 126.773. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik probability sampling dengan metode simple random sampling, sedangkan untuk menghitung besaran sampel menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 399 Wajib Pajak. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver.21.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan program Sensus Pajak Nasional (SPN) tergolong cukup efektif dan tingkat kepatuhan Wajib Pajak termasuk kedalam kategori baik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan program Sensus Pajak Nasional (SPN) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Semakin tinggi efektivitas pelaksanaan program Sensus Pajak Nasional (SPN), maka akan semakin tinggi pula tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Sedangkan besarnya efektivitas pelaksanaan program Sensus Pajak Nasional (SPN) dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak sebesar 51,2%.
Description
Keywords
Efektivitas, Pelaksanaan Program Sensus Pajak Nasional (SPN), Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak, Effectiveness, National Tax Census Program (SPN), Level of Taxpayer’s Compliance
Citation