PENGARUH KOMPETENSI APARATUR PEMERINTAH DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survei pada 17 Dinas dan Inspektorat Kota Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Hasil audit BPK menunjukan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah kota Bandung tahun 2009 mendapatkan opini disclaimer. Pemerintah Kota Bandung telah melakukan perbaikan, namun masih terdapat 12 kelemahan dalam sistem pengendalian intern dan kompetensi aparatur pemerintah daerah yang belum memadai atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Bandung. UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah diberlakukan, peran aparatur pemerintah akan lebih menentukan sebagai pelaksana kegiatan. Untuk mendukung peran aparatur pemerintah, pemerintah mengatur dan menyelenggarakan Sistem Pengendalian Intern (PP No. 60 tahun 2008). Sistem akan terwujud jika aparatur pemerintah daerah memiliki kualitas dan kompetensi yang memadai agar memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, salah satunya menyajikan laporan keuangan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparatur pemerintah daerah dan sistem pengendalian intern pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan daerah Kota Bandung. Penelitian dilakukan di 17 Dinas Kota Bandung dan Inspektorat Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pegawai yang ada di bidang keuangan serta auditor dalam mengaudit laporan keuangan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa baik secara parsial maupun simultan Kompetensi Aparatur Pemerintah Daerah dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Diharapkan adanya perbaikan dalam pengetahuan aparatur pemda dan meningkatkan penilaian risiko agar menghasilkan laporan keuangan pemerintah yang lebih berkualitas.
Description
Keywords
Kompetensi Aparatur Pemerintah Daerah, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, The Competence Of The Local Government Reform, The System Of Internal Control Of The Government, The Quality Of The Financial Report Of The Government Of The Region
Citation