PENGARUH KOMPETENSI APARATUR PEMERINTAH DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survei pada 17 Dinas dan Inspektorat Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPETENSI APARATUR PEMERINTAH DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survei pada 17 Dinas dan Inspektorat Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPETENSI APARATUR PEMERINTAH DAERAH DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survei pada 17 Dinas dan Inspektorat Kota Bandung)
Author: Hendana, Ghassani Zahara
Abstract: Hasil audit BPK menunjukan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah kota Bandung tahun 2009 mendapatkan opini disclaimer. Pemerintah Kota Bandung telah melakukan perbaikan, namun masih terdapat 12 kelemahan dalam sistem pengendalian intern dan kompetensi aparatur pemerintah daerah yang belum memadai atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Bandung. UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah diberlakukan, peran aparatur pemerintah akan lebih menentukan sebagai pelaksana kegiatan. Untuk mendukung peran aparatur pemerintah, pemerintah mengatur dan menyelenggarakan Sistem Pengendalian Intern (PP No. 60 tahun 2008). Sistem akan terwujud jika aparatur pemerintah daerah memiliki kualitas dan kompetensi yang memadai agar memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, salah satunya menyajikan laporan keuangan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparatur pemerintah daerah dan sistem pengendalian intern pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan daerah Kota Bandung. Penelitian dilakukan di 17 Dinas Kota Bandung dan Inspektorat Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pegawai yang ada di bidang keuangan serta auditor dalam mengaudit laporan keuangan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa baik secara parsial maupun simultan Kompetensi Aparatur Pemerintah Daerah dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Diharapkan adanya perbaikan dalam pengetahuan aparatur pemda dan meningkatkan penilaian risiko agar menghasilkan laporan keuangan pemerintah yang lebih berkualitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6447
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 79.58Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.177Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 142.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 213.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 122.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 107.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.34Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.67Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 262.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 458.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 422.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 628.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 106.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 115.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record