PENGARUH SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN MODERN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Pada Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Prov. Wil. Kota Bandung III Soekarno-Hatta)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian explanatory dengan melakukan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui studi literature dan studi lapangan melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan Sistem Administrasi Perpajakan Modern berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor pada Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Prov. Wil. Kota Bandung III Soekarno-Hatta dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik penerepan sistem administrasi perpajak maka semakin tinggi tingkat kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini menunjukkan juga bahwa sistem administrasi perpajakan modern pada kategori baik. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Prov. Wil. Kota Bandung III Soekarno-Hatta telah menerapkan sistem administrasi perpajakan yang modern di dalam proses administrasinya. Sanksi Perpajakan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor pada Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Prov. Wil. Kota Bandung III Soekarno-Hatta dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tegas sanksi perpajakan maka akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini menunjukkan juga bahwa sanksi perpajaka pada kategori baik. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Prov. Wil. Kota Bandung III Soekarno-Hatta telah menerapkan sanksi perpajakan yang tegas. Sistem administrasi perpajak modern dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor pada Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Prov. Wil. Kota Bandung III Soekarno-Hatta dengan demikian hipotesis dapat diterima.
Description
Keywords
Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Sanksi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak, System Simplified Tax Administration, Tax Penalties, Taxpayer Compliancen
Citation