PENGARUH KEMAMPUAN AUDITOR TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROSEDUR AUDIT INVESTIGATIF DALAM PENDETEKSIAN KECURANGAN (FRAUD) (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti ada atau tidaknya pengaruh antara variabel kemampuan auditor terhadap efektivitas pelaksanaan prosedur audit investigatif dalam mendeteksi kecurangan (fraud). Ditinjau dari kasus yang marak terjadi beberapa tahun belakangan ini, yaitu banyaknya kasus kecurangan yang terjadi. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 35 Akuntan Publik sebagai responden yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Bandung. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan auditor memiliki hubungan yang cukup kuat terhadap efektivitas pelaksanaan prosedur audit investigatif dalam pendeteksian kecurangan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan auditor dapat mempengaruhi efektivitas pelaksanaan prosedur audit investigatif dalam pendeteksian kecurangan. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis yang penulis ajukan yaitu “Kemampuan auditor berpengaruh terhadap efektifitas pelaksanaan prosedur audit investigatif dalam pendeteksian kecurangan.” dapat diterima.
Description
Keywords
Auditor’s Ability, Fraud, Implementation of Investigative Audit Procedure, Kemampuan Auditor, Kecurangan (Fraud), Efektivitas Pelaksanaan Prosedur Audit Investigatif
Citation