PENGARUH ATRIBUT PERGURUAN TINGGI TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA FAKULTAS BISNIS DAN MANAJEMEN UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen S1 dan D3)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Ronald Octavianus, Pengaruh Atribut Perguruan Tinggi Terhadap Loyalitas Mahasiswa di Universitas Widyatama (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen S1 dan D3). Di bawah bimbingan Sri Wiludjeng SP, S.E., M.P. Perguruan tinggi sebagai jejang pendidikan paling tinggi merupakan pusat pengembangan ilmu pengetahuan, pusat penelitian, dan pengabdian terhadap masyarakat yang kehadirannya dapat menunjang dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia. Atribut jasa pendidikan di perguruan tinggi ditawarkan dalam bentuk program studi yang pengelolaannya dilakukan dibawah jurusan. Usaha yang dilakukan penyelenggara jasa pendidikan ini ditujukan untuk pencapaian loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan, mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, hal ini yang menjadi alasan utama bagi sebuah perusahaan untuk menarik dan mempertahankan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut pendidikan terhadap tingkat loyalitas mahasiswa universitas widyatama. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil jawaban responden secara keseluruhan dapat dijelaskan bahwa Mahasiswa Manajemen S1 dan D3 Universitas Widyatama mempunyai loyalitas yang tinggi, dimana terlihat dari tanggapan responden yang tidak akan melakukan cuti akademik, bersedia melakukan registrasi ulang, bersedia merekomendasikan Universitas Widyatama pada pihak lain dan menolak untuk pindah ke Universitas swasta lain. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, dari tiga variabel yang ada, terdapat dua variabel yang memberikan pengaruh signifikan pada loyalitas mahasiswa yaitu variabel program studi dan fasilitas. Hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis mencoba mengajukan saran, sebaiknya dosen ditugaskan sesuai dengan latar belakang pendidikan formalnya, dan untuk memotivasi proses belajar mengajar, sebaiknya instansi memberikan pelatihan dan adanya pertimbangan atas penghargaan relevan terhadap dosen sehingga dosen bisa lebih termotivasi.
Description
Keywords
Atribut, Loyalitas, Attributes, Loyalty
Citation