PENGARUH PENERAPAN SISTEM E-FILING TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung-Tegallega)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT dan penyampaian Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui Penyedia Jasa Aplikasi (ASP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem e-Filing terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung-Tegallega. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang menyampaikan SPT Tahunan menggunakan e-Filing yang sebanyak 92 orang dan seluruh kuesioner dapat diterima kembali untuk diolah. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang sedang/moderat antara penerapan sistem e-Filing terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak dengan perhitungan korelasi pearson diperoleh nilai sebesar 0,565. Besarnya pengaruh penerapan sistem e-Filing terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak sebesar 31.1%, sedangkan sisanya 68,9% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.
Description
Keywords
e-Filing, Penerapan e-Filing, Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak, the Implementation of e-Filing, The Level of Taxpayer Compliance
Citation