PENGARUH MODERNISASI ADMINISTRASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN (Studi Survei pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui modernisasi administrasi perpajakan yang dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees, (2) mengetahui tingkat kepatuhan Wajib Pajak Badan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees, (3) mengetahui apakah modernisasi administrasi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak Badan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Responden penelitian ini adalah Wajib Pajak Badan yang terdaftar pada KPP Pratama Bandung Karees. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling dimana sampel penelitian ini berjumlah 100. Sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 20.00. Pengaruh modernisasi administrasi perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Badan sebesar 51,8% sedangkan sisanya 48,2% yang dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis yang didapat yaitu nilai thitung = 10,258 dan ttabel = 1,984, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan yaitu Modernisasi Administrasi Perpajakan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees.
Description
Keywords
Modernisasi Administrasi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak Badan, Modernization of the Administration of Taxation, the Tax Agency's Mandatory Compliance
Citation