TINJAUAN ATAS PENYUSUNAN DAN ANALISIS ANGGARAN PENJUALAN PADA PT. REKATAMA PUTRA GEGANA

No Thumbnail Available
Date
2009
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penyusunan anggaran penjualan dalam perusahaan merupakan dasar penyusunan anggaran lainnya, dan pada umumnya anggaran penjualan disusun terlebih dahulu sebelum menyusun anggaran lainnya. Anggaran penjualan disusun sebagai pedoman yang digunakan dalam kegiatan penjualan masa yang akan datang, dimana dalam anggaran penjualan akan direncanakan atau ditentukan berapa banyak produk yang akan dijual dan berapa hasil penjualannya dalam bentuk keuangan, dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Tujuan utama dari suatu perusahaan bersifat profit oriented, yaitu mencapai laba optimum. Agar tujuan tersebut dapat dicapai diperlukan suatu perencanaan dan pengendalian yang baik. Perencanaan merupakan dasar untuk mengadakan pengendalian, sedangkan pengendalian diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Anggaran merupakan suatu perencanaan terperinci dan menyeluruh untuk setiap kegiatan dan aktivitas perusahaan. Dengan demikian, anggaran dapat digunakan sebagai alat bantu bagi manajemen dalam pengendalian kegiatan dan aktivitas perusahaan dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini adalah metode analisis deskriptif, yaitu suatu metode penelitian dengan melakukan pengumpulan data dan informasi dari perusahaan melalui kegiatan praktik kerja lapangan, kemudian data dan informasi disusun, diolah, dan selanjutnya dilakukan analisis sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan. Hasil dari analisis ini menunjukan proses penyusunan anggaran penjualan ini dilakukan dengan menggunakan metode campuran atau top down dan bottom up, yaitu suatu prosedur penyusunan anggaran yang dimulai dari pimpinan tertinggi perusahaan dan kemudian untuk selanjutnya dilengkapi dan dilanjutkan oleh pihak yang melaksanakan anggaran berdasarkan tujuan, sasaran, asumsi perencanaan dari manajemen puncak, kemudian konsep anggaran dari masing-masing bagian yang sudah terkumpul dibahas dalam rapat koordinasi dengan pimpinan, demikian seterusnya sampai terdapat kesepakatan antara direksi, dan kepala divisi. Dari hasil praktik kerja, penulis menyarankan agar perusahaan melakukan tindakan-tindakan korektif agar tidak terjadi kenaikan dan penurunan penjualan yang diakibatkan selisih lebih atau selisih kurang yang menyebabkan anggaran dan realisasinya melebihi dari standar yang telah ditentukan oleh perusahaan.
Description
Keywords
Anggaran Penjualan
Citation