PENGARUH IKLAN MELALUI SOCIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAICIH
No Thumbnail Available
Date
2014
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian berjudul “Pengaruh Iklan melalui Social Media terhadap Keputusan pembelian produk
Maicih”. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen
tentang pelaksanaan iklan melalui Social Media yang dilakukan Maicih, untuk mengetahui
tanggapan keputusan pembelian konsumen pada produk Maicih, dan untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh iklan melalui Social Media terhadap keputusan pembelian produk Maicih.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatory. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan penulis adalah penelitian lepustakaan guna mendapatkan data sekunder , serta
penelitian guna memperoleh data primer dengan melakukan wawancara dan penyebaran
kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan iklan
melalui social media dan keputusan pembelian produk Maicih dapat dikatakan baik, karena nilai
rata – rata keseluruhan sebesar 3,47 dan sebesar 3,61 yang berada pada interval 3,40 – 4,19.
Sedangkan untuk hasil perhitungan menunjukan analisis korelasi sebesar 0.728 yang artinya
hubungan antara iklan melalui social media dengan keputusan pembelian berada dalam tingkat
hubungan yang kuat, koefisien determinasi sebesar 52,99% artinya iklan melalui social media
memiliki kontribusi sebesar 52,99% terhadap keputusan pembeli, sisanya yaitu sebesar 47,01%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil analisis pengujian hipotesis menggunakan
uji t menunjukan terdapat pengaruh iklan melalui social media terhadap keputusan pembelian
produk Maicih.
Description
Keywords
Iklan, Social Media, Keputusan Pembelian