TINJAUAN PELAKSANAAN BAURAN PROMOSI DI PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA, Tbk (ALFAMART)
No Thumbnail Available
Date
2012
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Laporan tugas akhir ini berjudul “Tinjauan Pelaksanaan Bauran Promosi
di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart)” disusun oleh Rosina Tri
Handayani (04.09.U034) dibawah bimbingan Dr. Mariana Rachmawati, S.E.,
M.M.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan promosi
yang dijalankandi PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam upaya meningkatkan
volume penjualan dan mempertahankan konsumen agar tidak berpindah kepada
peritel lain. Untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dialami ketika
pelaksanaan bauran promosi dan untuk mengetahui bagaimana upaya PT. Sumber
Alfaria Trijaya Tbk dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dialami ketika
pelaksanaan bauran promosi.
Metode yang digunakan dalam praktek kerja langsung ini adalah
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara
pada pihak yang bersangkutan dan melakukan observasi lapangan.
Produk yang ditawarkan di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk adalah foods,
non foodsdan perishable. Perusahaan harus melakukan berbagai upaya dalam
mempromosikan produknya agar konsumen tertarik yang selanjutnya diharapkan
mereka dapat menjadi pelanggan.
Dalam melaksanakan kegiatan promosinya PT. Sumber Alfaria Trijaya
Tbk menggunakan alat-alat bauran promosi yang terdiri dari periklanan
(advertising), penjualan perorangan (personal selling), promosi penjualan (sales
promotion), pemasaran langsung(direct marketing) dan hubungan
masyarakat(public relation). Semua aspek-aspek diatas saling mendukung satu
sama lain sebagai penunjang tercapainnya kegiatanbauran promosi yang
dilakukan yaitu menanamkan loyalitas.Sedangkan hambatan-hambatan yang
terjadi berasal dari dalam perusahaan yang meliputi sumber daya manusia dan
modal. Untuk hambatan dari luar perusahaan antara lain konsumen yang beraneka
ragam dan tempat berdirinya toko serta hambatan dari bauran promosi. Dalam
mengatasi segala hambatan yang terjadi pihak perusahaan berusaha
menyelesaikan dengan memilih cara yang efektif dan efisien sehingga tujuan dari
pelaksanaannya tetap tercapai.
Description
Keywords
Bauran Promosi