BRANDING KIKI KOEKIE TASIKMALAYA

No Thumbnail Available
Date
2014
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Bisnis kuliner semakin kompetitif dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang. Masyarakat pada kenyataannya dihadapkan pada fakta bahwa bisnis kuliner telah mengalami banyak kecurangan dalam proses pembuatannya. Masyarakat pun harus pintar-pintar dalam memilih kualitas kue yang akan dibelinya. Kiki Koekie sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang kuliner, hadir menawarkan produk kuliner yang mengedepankan kejujuran dalam proses pembuatannya. Kendala yang dihadapi oleh Kiki Koekie dalam memperkokoh kiprahnya dalam industri kuliner adalah masyarakat belum terlalu mengenal dan mempercayai produk dari Kiki Koekie. Kiki Koekie memerlukan branding yang tepat untuk dapat menanamkan kekuatan brandnya di mata masyarakat luas. Branding Kiki Koekie tersebut akan dibuat untuk dapat menanamkan eksistensi produk kuliner dari Kiki Koekie pada benak masyarakat luas. Perancangan visual merek mengacu pada metode pembentukan merek, dengan menggunakan pendekatan bidang desain komunikasi visual (spesifik pada ilmu desain grafis). Tahapannya meliputi merancang identitas visual merek, menentukan warna, jenis huruf (typeface) sebagai pendukung pesan verbal, tata letak (layout), konsep dan strategi komunikasi, menetapkan media, gaya dan teknis pengerjaan, dan terakhir merinci aspek produksi (faktor pembiayaan atau budgeting), yang kesemuanya harus direncanakan seksama. Pemilihan material, penentuan ukuran media aplikasi visual merek kota, penjabaran teknik, dan pembahasan biaya produksi, menjadi bagian cakupan teknis pekerjaan yang dilalui dalam pembuatan desain. Hasil akhir terpenting adalah terwujudnya visualisasi karya desain merek kota secara nyata dan bentuk-bentuk media berbasis komunikasi visual.
Description
Keywords
Branding Kiki Koekie Tasikmalaya
Citation