MANAJEMEN KEMAMPUAN INTELEKTUAL DAN KETERAMPILAN TEKNIKAL SEBAGAI BAGIAN DARI KNOWLEDGE MANAGEMENT UNTUK KELANGGCNGAN PERUSAHAAN KELUARGA (Studi Kasus Pada 731 Anggota Dari 32 Perusahaan Di Indonesia)

No Thumbnail Available
Date
2006-08-05
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Seminar Nasional Knowledge Management 2006, ITB dan Universitas Widyatama
Abstract
Kelanggengan perusahaan milik perseorangan araupun keluarga berperan pen ring bagi perekonomian negara. Hasil penelilian di berbagai negara menunjukkan bahwa hal ini lerjadi pada lebih dari 70% dari negara-negara di dunia. Oleh karena ilu, maka perlu dilakukan upaya unluk menjaga kelanggengan konlribusi perusahaan agar lerjaga pula kelanggengan perkembangan perekonomian negara secara makro. Pada era informasi ini, kemampuan inreleklual sudah dipahami secQI-a umllm sebagaifakror Ufama dari keberhasilan sualu perusahaan, di samping kererampilan telmikal dari anggola perusahaan yang melaksanakan lugas operasional di perusahaan keluarga. Namun perlu dilakukan penelifian empirik mengenai seberapa penting sebenarnya kedua faktor ini berpengaruh pada kelanggengan perusahaan keluarga, serta bagaimana mengelola kedua faktor ini agar dapat meningkatkan kemampuan perusahaan keluarga untuk menjaga kelanggengan usahanya. Penelilian ini dilakukan dengan menganalisa data hasil survei pada 731 responden dari 32 perusahaan di Pulau Jawa, Bali dan Sulawesi yang memperlihatkan hasil empirik mengenai besarnya pengaruh "Keserasian Kemampuan Intelektllal " dari anggota perusahaan serta "Iklim Transformasional" dalam perllsahaan dalam upaya yang mendukllng kelanggengan perusahaan keluarga.
Description
Keywords
keserasian kemampuan intelektual, Pengetahuan Ketrampilan Teknikal, Iklim Transformasional, Kelanggengan Perusahaan Keluarga
Citation