PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Survei Pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2022
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Akuntansi S2 Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menguji variabel Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Profitabilitas dan Manajemen Laba pada perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian menggunakan jenis penelitian eksplanatory adalah studi yang ditujukan untuk menggambarkan hubungan, pengaruhnya antara variabel prediksi atau prediktor terhadap variabel yang di prediksi. Populasi penelitian perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 berjumlah 20 perusahaan BUMN, sampel yang diuji sebanyak 20 perusahaan BUMN diambil dengan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria yaitu perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020, menerbitkan Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan periode 2016-2020, perusahaan BUMN yang terdapat variabel kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, leverage dan profitabilitas pada laporan tahunan dan laporan keuangan.. Alat analisis yang digunakan regresi data panel, dan pengujian hipotesis partial menggunakan uji t-statistik, data diproses dengan Software E-views 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemilikan Manajerial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Manajemen Laba, Kepemilikan Institusional berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Manajemen Laba, Leverage berpengaruh positif signifikan terhadap Manajemen Laba, Profitabilitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Manajemen Laba.
Description
Keywords
Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Profitabilitas, Manajemen Laba, Managerial Ownership, Institutional Ownership, Leverage, Profitability, Earnings Management
Citation
Collections