ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH (SIPD) PERENCANAAN ANGGARAN DAERAH PADA PEMERINTAH KOTA BANDUNG (Lokus Penelitian Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandung)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2022
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Akuntansi S2 Pasca Sarjana Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme, implementasi teknis dan kendala-kendala serta, solusi- solusi yang dapat dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri RI dan Pemerintah Daerah dalam penggunaan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) terutama dari sisi penyusunan perencanaan anggaran daerah yaitu penyusunan APBD. Penelitian ini dilaksanakan di Pemerintah Kota Bandung dengan lokus penelitian pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif . Variabel yang digunakan dalam penelitian ini hanya 1 (satu) variabel atau variabel tunggal yaitu Analisis Implementasi SIPD Perencanaan Anggaran Daerah.. Dalam penelitian kualitatif ini teknik pengumpulan data yang utama yang digunakan adalah observasi non participant, wawancara mendalam, Literature dan gabungan ketiganya atau triangulasi.Teknik wawancara mendalam dilakukan oleh peneliti dengan menunjuk informan utama dan informan pendukung. Tehnik analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah di lapangan. Aktivitas dalam analisis data dengan metode kualitatif deskriptif dibagi menjadi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menyimpulkan. Teknik keabsahan data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan uji credibility (validitas interval) atau uji kepercayaan terhadap hasil penelitian. Cara pengujian kredibilitas data atau kepercayaan terhadap hasil penelitian kualitatif dilakukan dengan peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat dan memberchek. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Bandung dalam mengimplementasikan penyusunan perencanaan anggaran daerah pada SIPD dilakukan dengan beberapa strategi sebagai berikut: (1) melakukan pemetaan atas RKPD dan Renja yang telah disusunnya agar dapat memudahkan dalam penyusunan perencanaan anggaran daerahnya pada SIPD; (2) Tim TAPD Pemerintah Kota Bandung melakukan sosialisasi, Bimbingan Teknis serta pendampingan pada perangkat daerah dalam menyusun rencana anggaran daerahnya dengan menggunakan SIPD; (3) Pemerintah Kota Bandung melakukan koordinasi dan konsultansi intensif dengan pemerintah pusat dalam penyusunan perencanaan anggaran daerah dengan menggunakan SIPD terkait dengan kendala-kendala dalam penggunaannya serta solusi –slousi apa yang bisa dilakukan agar penyusunan perencanaan anggaran daerah dengan menggunakan SIPD dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Description
Keywords
Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), Mekanisme dan Implementasi, Kendala dan Solusi, Local Government Information System (SIPD), Mechanisms and Implementation, Constraints and Solutions
Citation
Collections