PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2018)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatori. Data yang digunakan merupakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan di sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016- 2018 yang berjumlah 49 perusahaan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria yang digunakan dalam penentuan sampel adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 yang melaporkan laporan tahunan (annual report) dan mengungkapkan kegiatan corporate social responsibility (CSR) dalam laporan tahunannya secara berkala dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan dengan total pengamatan sebanyak 90. Metode analisis data menggunakan data panel dan pengujian data dilakukan dengan menggunakan program aplikasi Eviews 8 serta diolah dengan menggunakan uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas yang diukur dengan menggunakan return on asset (ROA).
Description
Keywords
Corporate Social Responsibility, Profitabilitas , dan Return On Asset, Corporate Social Responsibility, Profitability, and Return On Assets.
Citation