PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tergabung dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan yang tergabung dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Rasio profitabilitas yang digunakan adalah Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS). Latar belakang penelitian ini adalah penurunan harga saham perusahaan yang tergabung dalam Indeks LQ45 yang tidak sejalan dengan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017 sebanyak 45 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 perusahaan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan selama periode 2015-2017 yang di peroleh melalui laman Bursa Efek Indonesia. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Perangkat lunak yang digunakan untuk menganalisis data adalah Eviews 8. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial terdapat pengaruh signifikan variabel Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham.
Description
Keywords
Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Harga Saham, Stock Price
Citation