PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung III Soekarno Hatta)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1, Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan Wajib Pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini dilakukan di PPPD Kota Bandung III Soekarno Hatta karena jika dilihat pada laporan dari PPPD Kota Bandung III Soekarno Hatta, jumlah wajib pajak kendaraan bermotor yang tidak melakukan daftar ulang atau tidak membayarkan pajak kendaraan bermotornya tergolong tinggi setiap tahunnya . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori, pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak kendaraan bermotor di PPPD Kota Bandung III, dengan teknik penentuan sampel simple random sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 100 responden. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver.20.00. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di PPPD Kota Bandung III. Besarnya persentase kualitas pelayanan dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak kendaraan bermotor adalah sebesar 52,4%.
Description
Keywords
Kepatuhan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Pembayaran Pajak, Payment of Taxes, Quality of Tax Services, Taxpayer Compliance
Citation