PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN PELAYANAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1, Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas)”. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah kesadaran Wajib Pajak dan Pelayanan Perpajakan sebagai variabel independen, sedangkan Kepatuhan Wajib Pajak sebagai variabel dependen.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Badan yang terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas yang berjumlah 100 responden. Sedangkan teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Insidental Sampling . Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SPSS VS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kesadaran Wajib Pajak dan pelayanan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak.
Description
Keywords
Kepatuhan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Perpajakan, Taxpayer Awareness, Taxpayer Compliance, Tax Services
Citation