PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah secara parsial dan simultan ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh terhadap transfer pricing pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan dan leverage sebagai variabel independen, sedangkan transfer pricing sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018 yang berjumlah 45 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian secara parsial dan secara simultan menunjukan bahwa ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh terhadap transfer pricing. Selain itu hasil penelitian juga menunjukan bahwa besarnya pengaruh ukuran perusahaan dan leverage dalam menberikan kontribusi pengaruh terhadap transfer pricing sebesar 38,5%.
Description
Keywords
Leverage, Transfer Pricing, dan Ukuran Perusahaan., Company Size, Leverage, and Transfer Pricing.
Citation