USULAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA PRODUK KARTU PRABAYAR TELKOMSEL BRANCH TASIKMALAYA

No Thumbnail Available
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Telkomsel Branch Tasikmalaya merupakan salah satu unit pelaksana fungsi pemasaran dari perusahaan penyedia jasa telekomunikasi yang bernama Telkomsel. Produk yang ditawarkan berupa kartu perdana dan jasa layanan telekomunikasi dalam bentuk voice, SMS dan data. Pada tahun 2017 terjadi penurunan penjualan yang mengakibatkan pertumbuhan pendapatan perusahaan cenderung menurun. Untuk mengatasi masalah ini, analisis situasi perusahaan dilakukan untuk melihat strategi pemasaran yang sudah dijalankan oleh Telkomsel Branch Tasikmalaya (segmenting, targeting, postitioning, marketing mix), kondisi lingkungan internal dan eksternal menggunakan analisis SWOT, serta analisis bisnis model dengan pendekatan Business Model Canvas untuk mengambarkan bagaimana perusahaan bekerja untuk menghasilkan pendapatan. Rekomendasi strategi pemasaran yang diusulkan untuk meningkatkan pendapatan yaitu akuisisi dan retensi. Akuisisi berfokus pada meningkatkan jumlah pelanggan baru dengan program: menambah jumlah outlet, mendorong penjualan, winning youth and battlefield, dan akuisisi pelanggan pesaing. Sedangkan retensi berfokus pada meningkatkan penggunaan layanan oleh pelanggan dengan program: 4G migration dan Micro Campaign.
Description
Keywords
Strategi Pemasaran, Pendapatan, Pertumbuhan Pendapatan, Marketing Strategy, Revenue, Revenue Growth
Citation
Collections