ANALISIS PENGARUH NIM, BOPO, NPL DAN BI RATE TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN (Studi Pada Bank Umum di Indonesia Yang Termasuk Dalam Kategori Bank Buku 3 dan Buku 4 Periode Tahun 2011 – 2017)

No Thumbnail Available
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Bank merupakan industri yang kegiatan utamanya adalah penghimpunan dana dari masyarakat kemudian menyalurkannya dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan. Oleh karena itu dalam aktivitas bisnisnya bank memerlukan dukungan dan sumber informasi yang cepat serta berkesinambungan agar perusahaan dapat memperoleh keuntungan atau terhindar dari kerugian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rasio keuangan Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL), dan juga BI Rate terhadap profitabilitas perbankan yang diukur dengan Return On Asset (ROA) serta variabel-variabel manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA). Obyek penelitian adalah bank-bank umum yang beroperasi di Indonesia yang dikelompokan berdasarkan modal inti BUKU 3 dan BUKU 4 pada tahun 2011 hingga tahun 2017. Metode dalam penelitian ini adalah Metode Explanatory Research dengan karakteristik penelitian bersifat replikasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi dan regresi terstandarisasi yang perhitungannya memakai program Eviews. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel NPL dan BOPO berpengaruh secara signifikan dengan arah pengaruh negatif terhadap Return On Asset (ROA), sedangkan variabel NIM dan BI Rate berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Besarnya pengaruh NIM, BOPO, NPL, dan BI Rate terhadap profitabilitas dilihat dari koefisien determinasi (R-squared) adalah sebesar 86,54%, sisanya atau 13,46% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian.
Description
Keywords
Perbankan, Return On Asset (ROA), Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL), BI Rate, Operating Expenses/Operating Income (BOPO)
Citation
Collections