PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA (Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA (Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA (Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung)
Author: Abdurrahman, Reza Abshar
Abstract: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung merupakan salah satu unit pelayanan di kota Bandung yang bergerakdalam bidang jasa pengelolaan air minum dan air limbah. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung mengupayakan memberikan pelayanan terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan air bersih demi kelangsungan hidup masyarakat Kota Bandung. Namun dalam menjalankan upayanya memberikan pelayanan terhadap pelanggan masih tidak bias lepas dari isu-isu mengenai kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan. Fenomena yang terjadi pada konsumen pada konsumen diperumahan Kopo Elok, menerima pasikan air yang kotor dan bau. Salah seorang konsumen yang berada di daerah jalan Hj. Susana yang menegluhkan “Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung harus tetap bias menjaga kualitas air. Kualitas harus sebanding dengan harga”. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung sebaiknya memberikan kualitas sesuai dengan harapan konsumen. Pengendalian Internal merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan jasa yang menjadi tujuan utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung. Faktor yang di uji dalam penelitian ini adalah pengendalian sebagai variable independen, sedangkan kualitasnpelayanan jasa sebagai variable dependen. Metode Penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dalam level manajerial khususnya yang berhubungan langsung dengan pelayanan terhadap konsumen pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung. Sampel yang di gunakan sebanyak 32 orang. Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis data adalah Regresi Linier Sederhana pada taraf signifikan 5%. Program yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Science)20. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengendalian internal perpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan jasa.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/10022
Date: 2018


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.81Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 948.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 38.19Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 40.08Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 307.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 42.20Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 39.20Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 38.89Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 55.85Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 220.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 209.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 46.22Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 51.82Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record