PERAN INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS, INOVASI PRODUK, DIFERENSIASI PRODUK YANG UNGGUL MENGANTISIPASI KEHADIRAN MEA MELALUI PENETAPAN HARGA YANG EFEKTIF (Penelitian terhadap Usaha Mikro Kecil Batik Deden dan Batik Nanda Cigeureung Tasikmalaya)
No Thumbnail Available
Date
2017-07-20
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis (SNAB), Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama
Abstract
Usaha perbatikan sebagai penopang perekonomian daerah, memiliki peran sangat penting dalam
menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Perkembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) di
segala sector usaha cenderung tidak stabil. Menurunnya penjualan melalui penentapan harga
selembar batik di Tasikmalaya merupakan salah satu penyebabnya disinyalir penciptaan
kreativitas yang cenderung kurang inovatif sesuai dengan perkembangan tren pola batik saat ini.
Selain deferensiasi produk yang kurang sesuai lagi dengan desain pola gambar yang memiliki
perbedaan keunikan dan kekhasan. Hal ini merupakan ancaman yang serius bagi perajin batik
dalam menghadapi kedatangan MEA yang hadir di Indonesia. Penelitian ini dimaksudkan untuk
mengetahui, menggali, dan mengungkapkan data dan informasi yang berhubungan dengan
pengembangan kreativitas yang inovatif, berdampak kepada penurunan penjualan melalui
penetapan harg dari masing-masing variabel. Sampel yang diteliti hanya terfokus kepada dua
perajin batik Deden dan batik Nanda dari sekian banyak perajin batik yang ada di Cigeureung
Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan bersifat descriptif yang bertujuan untuk
memperoleh gambaran atau deskripsi tentang kreativitas, inovasi produk, difernsiasi produk yang
unggul dabn penetapan harga yang efektif. Hasil penelitian terungkap bahwa UMK masih
kesulitan dalam mengembangkan kreativitasnya, hal ini disebabkan oleh kurangnya perajin batik
yang mencoba inovasi produk dalam hal pola gambar atau disain produk dan diferensiasi yang
lebih unggul dari pada batik printing yang dijual dengan harga murah. Ketiga variable tersebut
berdampak kepada penetapan harga yang efektif sehingga dikhawartirkan kedua mitra tersebut
belum siap menghadapi kedatangan MEA di Indonesia khususnya di Jawa Barat lebih cepat dari
yang diperkirakan.
Description
Keywords
Kreativitas, Inovasi Produk, Diferensiasi Produk, Penetapan Harga