PENGARUH EVENT SPONSORSHIP FIFA WORLD CUP TERHADAP PEMBENTUKAN CORPORATE IMAGE HYUNDAI MOTOR COMPANY INDONESIA (Survei kepada Konsumen Mobil Hyundai di Kota Bandung)
No Thumbnail Available
Date
2016-05
Authors
Hardiyanto, Nugroho
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Jurnal Bisnis Manajemen dan Ekonomi, Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama, Vol.15, No.1
Abstract
Pemasaran berhubungan dengan mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan
mnasyarakat, untuk menjawab tantangan tersebut maka diperlukan suatu strategi pemasaran yang unik
dan berbeda dari yang lain, sehingga dapat menjangkau seluruh pangsa pasar. Hyuradai sebagai salah
satu PenlsaFn Otomotif Nomer 5 terbesar Dunia, memutuskan untuk terus meningkatkan citra
mereknya melalui sebuah media global yang tujuannya dapat mengkomunikasikan produk Hyundai
kepada seluruh rnasyarakat dunia. Hyundai melihat elemen inti dari pernasaran clan Media tersebut
ada dalam' pensponsoran Sepak Bola Dunia, dimana cara ini dianggap yang paling efisien untuk
berkomunikasi dengan pelanggan. Dengan cara berbagi semangat dan kegenlaran sepak bola kepada
seluruh masyarakat dunia serta membangun hubungan emosional antara Hyundai dengan masyarakat.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey explanatory dengan pendekatan
deslaiptif-veritiitif. Dengan tujuan untuk mengetahui citra Hyundai Motor Company Indonesia
dibenak konsurnen Adapun yang menjadi variabel rndependent dalanl penelitian ini adalah event
sponsorship, sedangkan variabel dependent adalah pembentukan corporate image Hpndai Motor
Company Indonesia. Analisis Deskriptif menggambarkan sejauh mana pelaksanaan event sponsorship
FIFA World Cup 2014 dan bagaimana tanggapan responden mengenai event tersebut. Sedangkan
Analisis Verifitif menggambarkan sejauh mana pengaruh event sponsorship FIFA World Cup
terhadap pembentukan Corporate Image Hyundai Motor Company Indonesia.
Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang positif antara Event Sponsorship
FIFA World Cup 2014 dengan Proses Pembentukan Corporate Image Hyundai Motor Company
Indonesia. Kontniusi dari Event Sponsorship terhadap pengaruh Corporate Image. Proses
pembentukan Corporate Image Hpndai Motor Company Indonesia dapat dijelaskan oleh variabel
lainnya yang tidak diteliti dari penelitian ini seperti harga atau kualitas produk.
Description
Keywords
Corporate Image, Event Sponsorhip, FIFA World Cup, Hyundai