STRATEGI ORIENTASI PASAR DALAM MEMENUHI NILAI PELANGGAN DI ERA ASEAN ECONOMIC COMMUNITY(AEC)
No Thumbnail Available
Date
2016-04
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program studi Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom
Abstract
Ditengah tuntutan terhadap kenaikan Upah Minimum Propinsi (UMP) peran pemerintah
sangatlah penting, khususnya bagi indutri kecil dan menengah.Membangun sektor industri
pada era globalisasi tentu membutuhkan strategi yang tepat dan konsisten, sehingga dapat
mewujudkan industri yang tangguh dan berdaya saing baik di pasar domestik maupun di
pasar global, yang pada gilirannya mampu mendorong tumbuhnya perekonomian,
menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat dan akhirnya mengurangi
kemiskinan. Berdasarkan data dari Pusat Data dan Analisis Pembangunan Jawa Barat,
khususnya di Kota Bandung sampai dengan tahun 201 5 memiliki industr kecil dan menengah
sebesar 300 unit usaha. Jurnlah unit usaha yang cukup besar tersebut perlu dilakukan
pembinaan dengan baik sehingga mampu mendongkrak pendapatan masyarakat Jawa Barat,
khususnya Kota Bandung. Keunggulan-keunggulan sektor industri kecil clan menengah
tersebut diantaranya memberikan kontribusi bagi penyerapan tenaga kerja dan mampu
menciptakan nilai tarnbah (value added) yang lebih tinggi pada berbagai komoditas yang
dihasilkan.
Description
Keywords
Industri Kecil dan Menengah