PROTOTIPE PERANGKAT LUNAK STUDI DAN IMPLEMENTASI SISTEM ANTRIAN

Abstract
Antrian merupakan suatu cara untuk menciptakan suasana yang tertib. Dalam antrian ada pelanggan yang ingin mendapatkan fasilitas pelayanan, sedangkan pemilik pelayanan yang menyediakan fasilitas pelayanan tersebut. Kontradiksi antara pelanggan dengan pemilik pelayanan terjadi dikarenakan pelanggan merasa enggan berlama-lama antri sedangakan pemilik pelayanan menginginkan jumpaln kedatangan pelanggan sebanyak-banyaknya dengan jumlah pelayanan yang secukupnya sehingga pemilik pelayanan harus mampu membangun kondisi antrian pelanggan yang tidak terlalu lama. Untuk menciptakan antrian yang baik maka perlu dilakukan suatu pengamatan terhadap waktu tunggu dalam antrian bagi konsumen. Waktu tunggu pelanyanan konsumen dan waktu tunggu sistem antrian. Dengan pengamatan tersebut dapat diciptakan kondisi antrian yang memuaskan konsumen dan pemilik sistem antrian tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Berdasarkan hal tersebut maka dibangun suatu perangkat lunak pro-que, untuk menciptakan kondisi antrian yang optimal. Sehingga pihak manajemen dari sistem antrian dengan menggunakan perangkat lunak pro-que dapat membuat keputusan yang berkaitan dengan kepuasan konsumen. Perangkat lunak pro-que yang dikembangkan berbentuk prototype untuk mengimplementasikan sistem antrian dengan kasus satu server dan satu antrian. Dalam pembangunan perangkat lunak antrian pro-que digunakan metode pengembangan perangkat lunak berorientasi objek yang dikenal dengan OMT (Object Modeling Technique) dari Rumbaugh.
Description
-
Keywords
antrian, kepuasan konsumen, waktu antrian, waktu pelayanan, waktu sistem antrian, OMT
Citation