KORELASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN DENGAN EFEKTIVITAS PENCAPAIAN TARGET PENJUALAN

No Thumbnail Available
Date
2003-02
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tridharma
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan secara empiris apakah terdapat korelasi yang positif antara sistem pengendalian intern penjualan dengan efektivitas pencapaian target penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah descriptive analysis survey method. Populasi dalam penelitian ini meliputi perusahaan-perusahaan tekstil yang berada di wilayah Bandung Raya – Jawa Barat, yang memiliki modal dasar di atas Rp 500.000.000,- yang termasuk kelompok besar berjumlah 30 perusahaan tekstil, dan teknik sampling yang digunakan adalah metode simple random sampling. Jumlah populasi yang terpilih sebagai sampel sebanyak 10 perusahaan tekstil. Pengumpulan data primer dilakukan dengan kuesioner dan data sekunder diperoleh dari data-data laporan penjualan (jumlah penjualan dan target penjualan) tahun 1995. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Rank Spearman. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa dengan menggunakan tabel Rank Spearman diketahu bahwa n = 10 dan derajat nyata 0.005 (uji satu arah), maka diperoleh tingkat signifikasi korelasi r tabel = 0,564. Mengingat korelasi antara sistem pengendalian intern penjualan dengan efektivitas pencapaian target penjualan lebih besar r hitung = 0,85 dari r tabel = 0.564 dan dengan korelasi untuk skor yang sama r hitung = 0,848 lebih besar dari r tabel = 0,564, maka Ho ditolak dan Hi diterima artinya terdapat korelasi yang positif antara sistem pengendalian intern penjualan dengan efektivitas pencapaian target penjualan pada derajat kepercayaan 95%.
Description
Keywords
-
Citation