PENGARUH SOSIALISASI PERATURAN PERPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas)
Loading...
Date
2022
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama
Abstract
Penerimaan pajak merupakan sumber pendapatan negara, salah satu hal yang
dapat meningkatkan penerimaan pajak adalah dari wajib pajak itu sendiri. Fenomena
yang terjadi yaitu kurangnya tingkat kepatuhan wajib pajak di Indonesia.
Sedangkan banyak sekali beban yang harus dikeluarkan oleh negara. Salah satu
faktor ketidakpatuhan wajib pajak adalah kurangnya pengetahun wajib pajak
tentang perpajakan. Hal ini disebabkan oleh pajak tidak memberikan timbal balik
langsung kepada wajib pajak. Oleh karena itu diperlukan sosialisasi tentang
pentingnya pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis Pengaruh Sosialisasi Peraturan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan
Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Metode yang digunakan
pada penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan pendekatan survey. Metode
ini digunakan untuk menguji hubungan dan pengaruh antara Sosialisasi Peraturan
Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak
Orang Pribadi, dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang wajib pajak.
Pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Disarankan dalam penelitian kepada
pemerintah untuk melakukan sosialisasi kepada wajib pajak secara kontinyu dan
meningkatkan kualitas pelayanan fiskus untuk meningkatkan kepatuhan wajib
pajak serta menjelaskan manfaat pajak itu untuk kepentingan negara sendiri.