ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Kantor Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung Tahun 2017 - 2021)
Loading...
Date
2023
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama
Abstract
Pelaksanaan otonomi daerah diperlukannya kemampuan untuk membiayai keperluan
daerah itu sendiri. Pajak reklame salah satu sumber pendapatan daerah yang berasal
dari sector pajak.
Studi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pajak reklame dan kontribusi pajak
reklame terhadap pendapatan asli daerah. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dokumentasi. Data yang digunakan berupa laporan target dan realisasi pajak
reklame dan pajak daerah tahun 2017 sampai tahun 2021. Analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis efektivitas dan analisis kontribusi.
Hasil Penelitian menunjukan efektivitas pajak reklame Kota Bandung tahun 2017
sampai 2019 termasuk kriteria tidak efektif. Sedangkan pada tahun 2020 sampai 2021
termasuk kriteria sangat efektif. Kontribusi pajak reklame pada pendapatan asli
daerah Kota Bandung tahun 2017 sampai 2021 termasuk kriteria sangat kurang
kontribusi.