Browsing by Author "Wulandari, Nanda"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
- ItemPENGARUH WORD OF MOUTH DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA PROGRAM MAGISTER UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Widyatama Bandung)(Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung, 2018) Wulandari, NandaPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh word of mouth dan reputasi perusahaan terhadap keputusan untuk menjadi mahasiswa Program Magister Manajemen Universitas Widyatama. Ketatnya persaingan bisnis di sektor pendidikan di Indonesia, khususnya di Kota Bandung, membuat Universitas Widyatama bersaing dengan beberapa kampus lain yang memiliki Program Magister. Saat ini Bandung memiliki cukup banyak PTN dan PTS yang memiliki reputasi baik di skala internasional dan regional. Oleh karena itu sangat penting bagi Universitas Widyatama untuk menjalankan komunikasi dengan konsumen dari mulut ke mulut dan membangun reputasi yang dimilikinya. Jenis penelitian adalah deskriptif dan verifikatif, data penelitian adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui kuesioner, sampel penelitian adalah 80 responden, metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari 1 variabel dependen (Y) yaitu keputusan pembelian dan 2 variabel independen (X) yaitu word of mouth dan reputasi perusahaan. Penelitian ini diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedatisitas, uji korelasi, regresi linier berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji T dan uji F, serta koefisien determinasi. Hasil uji regresi linier berganda pada keputusan pembelian menunjukkan bahwa word of mouth memiliki pengaruh sebesar 0,308, dan reputasi perusahaan memiliki pengaruh sebesar 0,569, sedangkan pengaruh simultannya sebesar 0,313. Jadi kesimpulannya adalah variabel word of mouth dan reputasi perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
- ItemPENGARUH WORD OF MOUTH DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA PROGRAM MAGISTER UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Widyatama Bandung)(Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung, 2018) Wulandari, NandaPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh word of mouth dan reputasi perusahaan terhadap keputusan untuk menjadi mahasiswa Program Magister Manajemen Universitas Widyatama. Ketatnya persaingan bisnis di sektor pendidikan di Indonesia, khususnya di Kota Bandung, membuat Universitas Widyatama bersaing dengan beberapa kampus lain yang memiliki Program Magister. Saat ini Bandung memiliki cukup banyak PTN dan PTS yang memiliki reputasi baik di skala internasional dan regional. Oleh karena itu sangat penting bagi Universitas Widyatama untuk menjalankan komunikasi dengan konsumen dari mulut ke mulut dan membangun reputasi yang dimilikinya. Jenis penelitian adalah deskriptif dan verifikatif, data penelitian adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui kuesioner, sampel penelitian adalah 80 responden, metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari 1 variabel dependen (Y) yaitu keputusan pembelian dan 2 variabel independen (X) yaitu word of mouth dan reputasi perusahaan. Penelitian ini diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedatisitas, uji korelasi, regresi linier berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji T dan uji F, serta koefisien determinasi. Hasil uji regresi linier berganda pada keputusan pembelian menunjukkan bahwa word of mouth memiliki pengaruh sebesar 0,308, dan reputasi perusahaan memiliki pengaruh sebesar 0,569, sedangkan pengaruh simultannya sebesar 0,313. Jadi kesimpulannya adalah variabel word of mouth dan reputasi perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
- ItemPENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENJADI MAHASISWA KELAS REGULER B PADA UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG(Universitas Widyatama, 2015) Wulandari, NandaPenelitian ini berjudul “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Menjadi Mahasiswa Kelas Reguler B Pada Universitas Widyatama Bandung”. Disusun oleh Nanda Wulandari (NPM: 0211U332), Fakultas Bisnis dan Manajemen, Jurusan Manajemen, Program Studi S1, Universitas Widyatama, dan dibimbing oleh Ibu Mariana Rachmawati, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai word of mouth pada Kelas Reguler B di Universitas Widyatama Bandung, tanggapan konsumen mengenai keputusan memilih Kelas Reguler B di Universitas Widyatama Bandung, dan berapa besar pengaruh word of mouth terhadap keputusan konsumen memilih Kelas Reguler B di Universitas Widyatama Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan analisis statistik yang digunakan berupa analisis korelasi dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS 20. Pengujian hipotesis menggunakan uji T untuk hipotesis parsial. Data dalam penelitian ini diperoleh dari riset lapangan berupa wawancara dan kuesioner, serta riset kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan word of mouth dengan keputusan pembelian termasuk kategori kuat. Karena besarnya koefisien korelasi 0,732 terletak di antara 0,60 – 0,799. Hal ini menunjukkan bahwa word of mouth dianggap kuat. Sedangkan pengaruh word of mouth terhadap keputusan konsumen menjadi mahasiswa Kelas Reguler B pada Universitas Widyatama Bandung berdasarkan perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 53,6% dan sisanya sebesar 46,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis. Dari perhitungan uji hipotesis, nilai thitung adalah 10,647 lebih besar dari ttabel 1,661. Ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima, maka word of mouth memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Hal ini berarti hipotesis yang penulis ajukan pada Bab I yaitu “terdapat hubungan positif dan signifikan antara word of mouth terhadap keputusan konsumen” dapat diterima.