Browsing by Author "Putri, Yasinta Dwi"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemANALISIS KESALAHAN GRAMATIKA PADA ESAI MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester Tiga Program Studi Bahasa Inggris)(Universitas Widyatama, 2015) Putri, Yasinta DwiPenelitian ini dilakukan terhadap esai bahasa Inggris yang dibuat oleh mahasiswa di semester tiga dengan mencari kesalahan-kesalahan (errors) secara gramatika berdasarkan teori Dulay et. al. dan diperbaiki dengan mengikuti aturan-aturan gramatika yang semestinya. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh langsung dari dua puluh mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widyatama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 168 kesalahan gramatika dengan persentase masing-masing kesalahan; omission berjumlah 29.17% atau 49 kesalahan, addition berjumlah 8.92% atau 15 kesalahan, misformation berjumlah 60.71% atau 102 kesalahan, dan misordering berjumlah 1.2% atau 2 kesalahan. Dengan kata lain, kesalahan yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa semester tiga adalah misformation, dan kesalahan yang paling jarang dilakukan oleh mahasiswa adalah misordering. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya motivasi pembelajar untuk dapat memahami bahasa Inggris secara terperinci sebagai bahasa asing.
- ItemMENEMUKAN mSALAHAN GRAMATIKA DALAM ESAI MAHASISWA BAHASA TNGGRIS DAN SOLUST MENGHTNDARTNYA(Jurnal Bahasa Inggris Terapan, Jurusan Bahasa Inggris, Politeknik Negeri Bandung, 2016-10) Sari, Puspita; Putri, Yasinta DwiMenulis esai dalam Bahasa Inggris yang baik merupakan salah satu kemampuan penting yang hams dimiliki oleh mahasiswa di Prodi Bahasa Inggris. Maka dari itu, mata kuliah menulis (writing) telah diberikan kepada mahasiswa sejak awal semester.Namun, seringkali ditemukan kesalahan-kesalahan gramatika yang muncul pada esai karya mahasiswa, misalnya kesalahan-kesalahan berbentuk omission, addition, misformation, dan misordering seperti dalarn teori Dulay et. a1 (1981). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesalahan-kesalahan umum gramatika yang dilakukan mahasiswa Semester I11 Program Studi Bahasa Inggris dalam menulis esai Bahasa Inggris, serta membehkan solusi untuk menghindarinya sehingga menghasilkan esai yang berterima. Tahapan yang dilakukan adalah mengurnpulkan data esai mah'?siswa, menernukan bentuk kesalahannya, menganalisis, dan mencarikan solusi sehingga kesalahankesalahan tersebut dapat dihindari dan tidak terulang. Dan penelitian ini dapat disimpulkan 'bahwa kategori misformation yang merupakan . kesalahan bentukpaling mendominasi, diikutioleh omission dan addition. Adapun kesalahan yang memiliki prosentase terendah adalah misordering.