Browsing by Author "Pratama, Rio Wira"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemPROMOSI DAN KUALITAS PRODUK DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYATAMA(Program Studi Manajemen S1 pada Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama, 2020) Pratama, Rio WiraPada Penelitian ini mengungkapkan bahwa adanya kesenjangan (gap) antara tidak adanya promosi dan buruknya kualitas produk smartphone Xiaomi tetapi penjualan smartphone Xiaomi mengalami yang signifikan dari 3 persen menjadi 25 persen di pasar Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah promosi dan kualitas produk sebagai variabel independen, sedangkan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Widyatama yang menggunakan smartphone Xiaomi dengan sampel penelitian sebanyak 150 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda pada taraf signifikan sebesar 5 persen Program yang digunakan adalah SPSS 25 dan Lisrel 8.80. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua variabel independen yaitu promosi dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Widyatama yang menggunakan smartphone Xiaomi. Namun hal ini tidak menjadikan konsumen untuk mengurungkan niat untuk tidak membeli smartphone Xiaomi.
- ItemPROMOTION AND PRODUCT QUALITY IN DETERMINING PURCHASE DECISION SMARTPHONE XIAOMI(International Journal of Psychosocial Rehabilitation, Vol.24, Issue 02, 2020) Nurunnisha, Gina Apryani; Pratama, Rio Wira; Asikin, BachtiarThis study revealed a gap between the lack of promotion and poor quality of Xiaomi smartphone products, but Xiaomi smartphone sales increased significantly from 3 percent to 25 percent in the Indonesian market. This study aims to determine whether promotion and product quality affect purchasing decisions of Xiaomi smartphones. The factors tested in this study were promotion and product quality as an independent variable, while purchasing decisions as the dependent variable. The research method used is descriptive method, with data collection techniques through observation and questionnaire distribution. The population of this research is Widyatama students who use Xiaomi smartphones, the research sample is 150 respondents. Data analysis uses multiple linear regression analysis at a significant level of 5 percent. The program used SPSS 25 and Lisrel 8.80. The results showed two independent variables namely promotion and product quality did not significantly influence the purchasing decisions of Widyatama students who used Xiaomi smartphones.