Browsing by Author "Pratama, Eka Putra"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
- ItemPENGARUH AUDIT INTERNAL DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN. (Studi Kasus pada PT. Tae Kwang Industrial Indonesia, Subang)(Universitas Widyatama, 2017) Pratama, Eka PutraAudit internal merupakan kegiatan assurance dan konsultasi yang independen dan objektif, yang dirancang untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan kegiatan operasi organisasi. Pengendalian internal merupakan rencana organisasi dan metode bisnis yang dipergunakan untuk menjaga aset, memberikan informasi yang akurat dan andal mendorong dan memperbaiki efisiensi jalannya organisasi serta mendorong kesesuaian dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Pencegahan kecurangan merupakan aktivitas memerangi kecurangan yang terdiri atas segala upaya yang dikerahkan untuk membuat pelaku kecurangan tidak berani melakukan ataupun kalau kecurangan terjadi maka dampaknya akan sangat minim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pelaksanaan audit internal dan pengendalian internal berpengaruh dalam pencegahan kecurangan pada PT. Tae Kwang Industrial Indonesia, Subang. Objek penelitian ini adalah audit internal dan pengendalian internal sebagai variabel bebas, serta pencegahan kecurangan sebagai variabel terikat. Responden dalam penelitian ini adalah auditor internal (bagian Departement Quality Control and Quality Assurance). Metode penelitian yang digunakan termasuk penelitian Kuantitatif dengan berdasarkan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui koesioner dan analisis data menggunakan analisis koefisien kolerasi, koefisien kolerasi berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis t (parsial) dan uji hipotesis f (simultan). Berdasarkan hasil koefisien kolerasi berganda Rank Spearman, maka di peroleh nilai rs sebesar 0.929 artinya hubungan audit internal dan pengendalian internal secara simultan untuk mendeteksi kecurangan dapat dikatakan sangat kuat. Pada PT. Tae Kwang Industrial Indonesia besarnya audit internal terhadap pencegahan kecurangan sebesar 38.7% sedangkan besarnya pengendalian internal terhadap pencegahan kecurangan sebesar 27.3% dan sisanya 34% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak di teliti oleh peneliti. Dari perhitungan uji hipotesis f, dapat dilihat bahwa thitung 95.201 > ttabel 3.32 ini berarti Ho di tolak dan Ha di terima, maka terdapat pengaruh yang signifikan audit internal dan pengendalian internal dalam pencegahan kecurangan pada PT. Tae Kwang Industrial Indonesia atau pengaruhnya searah.
- ItemPENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN POS EXPRESS DI KANTORPOS BANDUNG(Universitas Widyatama, 2016) Pratama, Eka PutraPerekonomian di Indonesia mulai mengalami peningkatan, khususnya pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Para pebisnis mampu berinovasi dengan lebih baik dari segi kualitasa maupun omset yang didapat perusahaan jasa sebesar lebih dari 50 trilyun tiap tahunnya. Selain itu, peningkatan GDP pada perusahaan jasa meningkat setiap tahunnya. Setiap aktivitas yang ada harus difokuskan pada upaya untuk menarik perhatian konsumen dengan melalui promosi. Berdasarkan uraian di atas, maka dilakukan penelitian mengenai promosi terhadap minat beli konsumen. Unit analisis dari penelitian ini adalah para pengunjung yang pernah menggunakan jasa pengiriman Pos Express di Kantorpos Bandung dalam jumlah sampel konsumen sebanyak 100 konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dan survey. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi untuk menguji hubungan variable independen X1 (promosi) terhadap X2 (minat beli). Analisis yang ditunjukkan oleh variable X1 (promosi) terhadap variable dependen X2 (minat beli) adalah sebesar r1 X1-Y = 0,625 yang menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara promosi terhadap minat beli termasuk kuat Koefisien Determinasi (Kd1) adalah sebesar 39% mempunyai arti bahwa promosi (X1) dan minat beli (Y) pada Kantorpos Bandung adalah sebesar 39% Sedangkan sisanya sebesar 61% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Selanjutnya pada analisis korelasi didapatkan nilai P atau signifikansi sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 atau P=0,00 < 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa Ha diterima atau promosi memiliki pengaruh positif terhadap minat beli pada Pos Express di Kantorpos.
- ItemPENGEMBANGAN BISNIS KULINER RUMAH MAKAN SUNDA NI UTY DI KOTA BANDUNG(Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2019) Pratama, Eka PutraKota Bandung menjadi salah satu destinasi wisata kuliner jumlah penduduk dan wisatawan domesik maupun internasional membuat sektor kuliner memberikan kontribusi yang besar kepada pendapatan Negara dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Penelitian ini mengkaji peluang bisnis dan kelayakan usaha inovasi produk rumah makan Sunda Ni Uty berdasarkan aspek-aspek kewirausahaan model Timmons. Rencana pengembangan usaha ini dimulai berdasarkan kriteria investasi Net Present Value, Payback Period, internal rate of return, dan net profit margin. Penelitian ini juga mengkaji dan merumuskan perencanaan bisnis berdasarkan aspek pemasaran, keuangan, oprasional dan keuangan. Hasil dari penelitian menunjukan investasi untuk perencanaan bisnis rumah makan Sunda Ni Uty sebesar Rp. 400,000,000.- dengan menggunakan pinjaman melalui perbankan. NPV Positif sebesar Rp. 1,130,091,210, IRR 91,42% NPM 12% dan waktu pengembalian investasi selama satu tahun. Hasil ini menunjukan bahwa perencanaan bisnis rumah makan Sunda Ni Uty layak untuk dilaksanakan karena dapat memberikan keuntungan