Browsing by Author "Maulana, Arief"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
- ItemPENERAPAN E-LEARNING PADA PENDIDIKAN BERBASIS TECHNOPRENEUR DAN CREATIVEPRENEUR GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING, INOVASI, DAN KOMPETENSI LULUSAN PERGURUAN TINGGI STUDI KASUS PADA FAKULTAS DKV UNIVERSITAS WIDYATAMA(2nd National Post Graduate Conference on Business & Management, Program Doktor Ilmu Ekonomi Kekhususan Managemen Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, 2010-04-23) Maulana, Arief; Ridwansyah, IwanGlobalisasi sebagai era perkembangan teknologi dan informasi membuat perguruan tinggi tidak luput dari keharusan untuk beradaptasi dalam hal pelayanan dan proses pengajaran terhadap mahasiswa. E-learning saat ini telah menjadi agenda wajib bagi setiap perguruan tinggi dengan dikeluarkannya Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu mengenai pembelajaran jarak jauh. Tujuan dicanangkannya program e-learning berbasis technopreneur dan creativepreneur ialah untuk menyiapkan mutu lulusan perguruan tinggi yang memiliki daya saing, inovasi, dan kompetensi yang baik dan bisa digunakan sebagai bekal hidup bermasyarakat dengan cara entrepreneur. Lahir dan berkembangnya E-learning dalam dunia pendidikan, terutama berkaitan dengan creativepreneur dan technopreneur, diharapkan mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi sekaligus mengatasi tiga masalah besar pendidikan khususnya di Indonesia sebagaimana ditulis dalam Rencana Strategi (Renstra) Pendidikan Nasional, yaitu (1) pemerataan dan akses pendidikan, (2) mutu, relevansi dan daya saing lulusan, dan (3) tata kelola atau governance, akuntabilitas dan citra publik terhadap pendidikan.Fakultas Desain Komunikasi Visual sebagai fakultas yang memiliki basis ilmu sains terapan memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan dan diarahkan kepada pendidikan yang bersifat creativepreneur dan technopreneur. Mahasiswa FDKV menghasilkan sebuah karya kreatif dengan menggunakan peralatan berteknologi tinggi seperti komputer dengan spesifikasi yang tinggi, peralatan fotografi, peralatan kamera video, peralatan editing, dan lain sebagainya. Mahasiswa FDKV pada umumnya telah memulai kegiatan usaha sejak masih berstatus mahasiswa dengan mengandalkan potensi kreativitas dalam dirinya dan dengan bantuan arahan dari para instruktur dan dosen sebagai coach terhadap usaha yang dijalaninya. Usaha yang berbasiskan unsur kreatifitas tidak memiliki keterbatasan, di samping itu unsur kreatifitas tidak mengenal umur dan status seseorang untuk melakukannya selama pelaku tersebut terus berusaha menciptakan suatu karya kreatif yang bersifat inovasi, berupaya mengembangkan kompetensi diri, dan memiliki keinginan untuk bisa bersaing dengan pihak lain yang bersangkutan.
- ItemPENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYATAMA(2nd National Post Graduate Conference on Business & Management, Program Doktor Ilmu Ekonomi Kekhususan Managemen Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, 2010-04-23) Ridwansyah, Iwan; Maulana, AriefTujuan penelitian adalah untuk mengetahui bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi, loyalitas mahasiswa dan pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi terhadap loyalitas mahasiswa Fakultas Bisnis & Manajemen Universitas Widyatama. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian survai deskriptif dan eksplanatori.Metode sampling adalah non probability sampling dengan teknik judgment untuk menarik sampel. Ukuran sampel 160 mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi dan kuesioner. Sedangkan teknik analisa datanya analisa jalur. Hasil penelitian ini adalah akreditasi mempermudah mendapatkan pekerjaan, bangga menjadi mahasiswa Universitas Widyatama, kurikulum mampu meningkatkan kemampuan manajerial dan bisnis, materi kuliah berguna untuk kebutuhan lapangan kerja, dan program Kuliah Kerja Lapangan bermanfaat..Tetapi, program studi yang ditawarkan masih kurang beragam dan waktu kuliah cukup cepat. Dosen mampu mengajar dan membangkitkan motivasi belajar serta konsisten dalam ketepatan waktu mengajar. Hanya saja, tenaga administrasi masih kurang ramah. Ruangan belajar yang bersih dan peralatan praktikum sudah lengkap. Tetapi kualitas bangunan gedung dan ketersediaan kantin masih biasa saja serta buku-buku diperpustakaan masih kurang lengkap. Perkuliahan yang diikuti menarik, pelaksanaan registrasi yang tepat waktu. Tetapi, prosedur daftar ulang kurang sederhana dan kurang mudah melalkukan komplain atas layanan yang diterima. Biaya kuliah terjangkau dan metode pembayaran kuliah yang beragam. Tetapi jangka waktu pembayaran kuliah kurang fleksibel serta biaya perkuliahan kurang sesuai dengan fasilitas yang diterima. Tempat dan lokasi mudah dicapai dan adanya ketersediaan transportasi umum untuk mencapai kampus. Informasi mengenai registrasi perkuliahan banyak tersedia, jadwal kuliah jelas serta banyak tersedia beasiswa. Akan tetapi, kurang banyak tersedia informasi lowongan kerja. Loyalitas mahasiswa terhadap Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama terdiri dari mereka selalu melakukan registrasi ulang menjelang awal perkuliahan dan akan merekomendasikan kepada orang lain untuk kuliah di Universitas Widyatama. Selain itu, tidak akan mengambil kesempatan cuti akademik dan tidak akan pindah ke perguruan tinggi lainnya. Pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa universitas widyatama sebesar 51,7 % dan sisanya oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
- ItemREALISASI EKSPOR DAN DAYA SAING TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL(2nd National Post Graduate Conference on Business & Management, Program Doktor Ilmu Ekonomi Kekhususan Managemen Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, 2010-04-23) Maulana, Arief; Faritzal, AdamIndonesia memiliki beragam komoditi ekspor, salah satunya yang menjadi andalan penghasil devisa terbesar dari komoditi nonmigas ialah komoditi tekstil dan produk tekstil. Indonesia memiliki sumber daya manusia dalam jumlah besar yang dapat dikaryakan dalam industri ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan perkembangan industri tekstil Indonesia; mengetahui perkembangan realisasi ekspor Indonesia khususnya pada sektor Tekstil dan Produk Tekstil; mengetahui peranan realisasi ekspor komoditi Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia secara global; dan mengetahui nilai daya saing ekspor Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah historical method atas data yang diperoleh kemudian diolah melalui metode korelasi, yaitu Revealed Comparative Advantage (RCA), Index Revealed Comparative Advantage (IRCA), Export Growth Rate, Trade Specialization Ratio, Commodity Concentration Index, analisis uji beda, dan hasilnya kemudian dijabarkan secara explorative. Hasil perhitungan mengarah kesimpulan bahwa komoditi ini memiliki nilai positif terhadap neraca perdagangan Indonesia setiap tahunnya. Uji beda menunjukkan nilai p-value sebesar 0,6357 yang berarti bahwa tidak terdapat perubahan secara signifikan tingkat kinerja ekspor tekstil dan produk tekstil Indonesia ke pasar dunia pasca perjanjian Multy Fiber Arrangement (MFA) oleh karena 2 itu potensi komoditi ini besar sekali untuk dikembangkan tanpa dihambat oleh perjanjian MFA. Uji hipotesis menunjukkan nilai p-value sebesar 0,0069 lebih besar dari pada α maka mengartikan pemberlakuan perjanjian Multy Fiber Arrangement (MFA) memberikan implikasi yang positif bagi perkembangan nilai ekspor tekstil dan produk tekstil Indonesia ke pasar dunia.