Repository logo
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
Repository logo
  • Communities & Collections
  • All of DSpace
  • English
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Español
  • Français
  • Gàidhlig
  • Latviešu
  • Magyar
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Suomi
  • Svenska
  • Türkçe
  • Қазақ
  • বাংলা
  • हिंदी
  • Ελληνικά
  • Yкраї́нська
  • Log In
    New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "Kurniawan, Nurul Apri"

Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
  • Loading...
    Thumbnail Image
    Item
    PEMBUATAN APLIKASI HELPDESK BERBASIS WEB PADA BAGIAN IT SUPPORT TERHADAP PERMASALAHAN PEGAWAI TENTANG TEKNOLOGI INFORMASI DI PT. PENERBIT ERLANGGA
    (Program Sistem Informasi S1 Fakultas Teknik Universitas Widyatama, 2019) Kurniawan, Nurul Apri
    Pelayanan kepada pegawai merupakan salah satu tugas terpenting bagi perusahaan. Pelayanan kepada pegawai diberikan untuk menjawab pertanyaan dan menerima keluhan tentang permasalahan teknologi informasi. Hal tersebut bukan hal yang mudah, sehingga untuk mempertahankan kepuasan pegawai perusahaan memanfaatkan sistem helpdesk untuk membantu dalam pemecahan masalah teknologi informasi. Pada proses pelaporan keluhan permasalahan tentang teknologi informasi yang dilakukan oleh pegawai ke bagian admin IT support masih dilakukan secara manual melalui telpon dan e-mail atau dengan langsung meminta bantuan ke bagian teknisi untuk memperbaiki masalah tersebut. Selain itu, pada bagian manajer IT Support mengalami kesulitan dalam memonitoring data keluhan yang dicatat oleh admin IT support karena data keluhan yang tersimpan belum menggunakan aplikasi yang terintegrasi dengan database. Selain itu, pada bagian admin IT support terhambatnya dalam melakukan penjadwalan yang tersusun dengan benar untuk melakukan perbaikan yang dilakukan oleh teknisi, karena terjadinya penumpukan pelaporan keluhan dari pegawai kepada bagian admin IT support. Selain itu, belum adanya satupun aplikasi yang terintegrasi ke database yang digunakan oleh bagian IT Support dalam pembuatan data laporan keluhan permasalahan teknologi informasi. Hal ini dapat memberi efek negatif. Dengan penerapan sistem informasi dan teknologi akan dibangunnya aplikasi helpdesk berbasis web yang akan membantu pegawai dalam menyampaikan permasalahan teknologi informasi dan solusi permasalahan yang ada pada bagian IT support serta memudahkan admin helpdesk dalam melakukan penjadwalan pada teknisi dan juga membantu manajer IT support dalam memantau teknisi dalam melakukan perbaikan. Pembangunan perangkat lunak menggunakn metode RUP (Relational Unified Process), diawali dengan menganalisis proses yang sedang berjalan kemudian mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk dideskripsikan pada tahap perancangan. Perancangan sistem informasi digambarkan dengan flowmap yang menjelaskan alur proses bisnis yang sedang berjalan mengenai penilaian. Serta pemodelan dengan UML (Unified Modelling Language) yang digunakan untuk visualisasi, perancangan, pendokumentasian sistem piranti lunak. Sistem yang dibangun menggunakan pemrogramman PHP dengan framework Code Igniter dan basisdata menggunakan database MySQL serta pengujian untuk sistem ini menggunakan teknik blackbox.

PTI copyright © 2002-2025

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback