PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Manajemen laba adalah suatu kondisi dimana manajemen melakukan intervensi dalam proses penyusunan laporan keuangan bagi pihak eksternal sehingga dapat meratakan, menaikkan, dan menurunkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016 sebanyak 56 perusahaan. Sedangkan teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) pada taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen laba. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh ukuran perusahaan dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap manajemen laba yaitu sebesar 23,0%, dengan rincian 11,6% merupakan pengaruh langsung dan 11,4% merupakan pengaruh tidak langsung melalui profitabilitas. Sedangkan besarnya pengaruh profitabilitas memberikan kontribusi sebesar 52,0% terhadap manajemen laba dengan rincian 40,6% merupakan pengaruh langsung dan 11,4% merupakan pengaruh tidak langsung melalui ukuran perusahaan. Besarnya pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap manajemen laba sebesar 75%.
Description
Keywords
Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Manajemen Laba, Firm Size, Profitability, Earning Management
Citation