PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Tesis Program Magister Akuntansi Universitas Widyatama Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris pengaruh mekanisme corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba. Mekanisme corporate governance dalam penelitian ini adalah komposisi dewan komisaris dan konsentrasi kepemilikan. Populasi sasaran adalah perusahaan yang terdaftar di sektor manufaktur di Bursa Efek Indonesia untuk tahun 2014 - 2015. Ada 74 perusahaan yang memenuhi kriteria tersebut. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis regresi logistik dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa: (1) komposisi dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap kualitas laba yang diukur dengan konservatisme, (2) komposisi dewan komisaris berpengaruh terhadap kualitas laba yang diukur dengan manajemen laba, (3) kepemilikan konsentrasi tidak berpengaruh terhadap kualitas laba yang diukur dengan manajemen laba dan konservatisme (4) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kualitas laba yang diukur dengan manajemen laba dan konservatisme. Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa komposisi dewan komisaris, konsentrasi kepemilikan dan ukuran perusahaan secara bersama – sama berpengaruh terhadap kualitas laba yang diukur dengan dengan manajemen laba.
Description
Keywords
Corporate Governance Mechanisms, Firms Size, Board of Commissioner, Ownership Concentration, Earnings Quality, Earnings Management and Conservatism, Mekanisme Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris, Konsentrasi Pemilikan, Kualitas Laba, Manajemen Laba dan Konservatisme
Citation
Collections