EVALUASI KONTRIBUSI PAJAK REKLAME DAN PAJAK HIBURAN PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui kontribusi Pajak Reklame, mengetahui kontribusi Pajak Hiburan dan untuk mengetahui evaluasi kontribusi Pajak Reklame dan Pajak Hiburan pada Pendapatan Asli Daerah di Kota Bandung. Pajak Reklame dan Pajak Hiburan merupakan salah satu komponen yang sangat potensial terhadap Pendapatan Asli Daerah. Namun dalam realisasinya, pajak reklame dan pajak hiburan justru sangat memprihatinkan dimana kontribusi dari tahun ke tahun selama tahun 2013-2015 termasuk dalam kriteria sangat kurang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penerimaan pajak reklame dan pajak hiburan pada PAD di Kota Bandung periode 2013-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pajak reklame selama tiga tahun terjadi fluktuatif dimana kenaikan terjadi tahun 2014 dan di tahun 2015 mengalami penurunan dan dapat dikatakan relatif kecil. Hal ini karena masih banyaknya wajib pajak yang menunggak dan wajib pajak yang menangguhkan kewajibannya di tahun berikutnya. Pajak hiburan selama tiga tahun menunjukkan peningkatan dan mencapai target yang ditetapkan. Tetapi jika dilihat perbulan, kontribusi pajak hiburan pada PAD masih relatif sangat kecil. Akan tetapi cukup berarti dalam pembiayaan penyelenggaraan pemerintah.
Description
Keywords
Pajak Reklame, Pajak Hiburan, Pendapatan Asli Daerah, Advertisement Tax, Entertainment Tax, Local Revenue
Citation