PENGARUH PENERAPAN PRINSIP AKUNTABILITAS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus pada CPDP Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN PRINSIP AKUNTABILITAS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus pada CPDP Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN PRINSIP AKUNTABILITAS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus pada CPDP Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan)
Author: Zahrani, Farah Dhiya
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas pada kantor CPDP wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan dan mengetahui kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraannya pada kantor CPDP wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan, serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara penerapan prinsip akuntabilitas instansi tersebut terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar kewajiban pajaknya di kantor CPDP wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Penelitian ini berkaitan dengan dua variabel yaitu penerapan prinsip akuntabilitas sebagai variabel independen (X) dan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor sebagai variabel dependen (Y). Penarikan sample dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Adapun metode statistik yang digunakan yaitu regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan perangkat SPSS (Statistic Product and Service Solution). Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi sebesar 0,799. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi adalah searah dimana semakin tinggi Penerapan Prinsip Akuntabilitas maka akan berdampak baik pada semakin baiknya Kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendraan Bermotor. Sedangkan besarnya pengaruh ditunjukkan koefisien determinasi sebesar 63,8%. Artinya dengan adanya Penerapan Prinsip Akuntabilitas dapat berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak sebesar 63,8% sedangkan sisanya 36,2% merupakan pengaruh yang diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. . Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung > t tabel (5,637 > 2,101). Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa Penerapan Prinsip Akuntabilitas berpengaruh positif terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor dan hipotesis yang diajukan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8593
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 46.50Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.070Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 169.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 225.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 144.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 27.89Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.27Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 207.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 367.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 443.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.102Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.97Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 113.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record