PENGARUH PENERAPAN PRINSIP AKUNTABILITAS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus pada CPDP Wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan)

No Thumbnail Available
Date
2016
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas pada kantor CPDP wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan dan mengetahui kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraannya pada kantor CPDP wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan, serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara penerapan prinsip akuntabilitas instansi tersebut terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar kewajiban pajaknya di kantor CPDP wilayah Kota Bandung II Kawaluyaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Penelitian ini berkaitan dengan dua variabel yaitu penerapan prinsip akuntabilitas sebagai variabel independen (X) dan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor sebagai variabel dependen (Y). Penarikan sample dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Adapun metode statistik yang digunakan yaitu regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan perangkat SPSS (Statistic Product and Service Solution). Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi sebesar 0,799. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi adalah searah dimana semakin tinggi Penerapan Prinsip Akuntabilitas maka akan berdampak baik pada semakin baiknya Kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendraan Bermotor. Sedangkan besarnya pengaruh ditunjukkan koefisien determinasi sebesar 63,8%. Artinya dengan adanya Penerapan Prinsip Akuntabilitas dapat berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak sebesar 63,8% sedangkan sisanya 36,2% merupakan pengaruh yang diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. . Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung > t tabel (5,637 > 2,101). Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa Penerapan Prinsip Akuntabilitas berpengaruh positif terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor dan hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Description
Keywords
Penerapan Prinsip Akuntabilitas, Kepatuhan Wajib Pajak, Implementation of Accountability Principle, Taxpayers’ Compliance
Citation