PENGARUH PENERAPAN SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN MODERN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Soreang)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Pajak merupakan sumber penerimaan negara yang paling besar, yang juga menjadi sumber utama pembiayaan pembangunan negara. Sejak tahun 2002, Direktorat Jenderal Pajak meluncurkan program reformasi administrasi perpajakan modern yang bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Modernisasi tersebut meliputi struktur organisasi, penyempurnaan manajemen sumber daya manusia, dan pelaksanaan good governance. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem administrasi perpajakan modern, untuk mengetahui tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem administrasi perpajakan modern terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menggunakan metode explanatory dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simple random sampling yang berjumlah 100 responden pada KPP Pratama Soreang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis koefisien korelasi rank spearman, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis (uji t), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan sistem administrasi perpajakan modern sudah sangat baik, tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi sudah sangat baik, dan penerapan sistem administrasi perpajakan modern berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi.
Description
Keywords
Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, Application of Modern Tax Administration System, the Level of Compliance of Individual Taxpayers
Citation