PENGARUH TEMPLATE ANALISA KREDIT USAHA DAN PENILAIAN PRINSIP KREDIT (5C) TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT MIKRO (Studi Kasus pada PT Bank Mandiri (Persero),Tbk. Cabang Bandung Mohamad Toha)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Template analisa kredit usaha merupakan sistem yang digunakan oleh bank mandiri untuk melihat informasi keuangan debitur. Template tersebut diisi dengan data keuangan debitur yang sudah melakukan usaha mikro minimal dua tahun atau dua periode. Informasi yang telah diolah di template analisa kredit usaha tersebut merupakan informasi yang digunakan sebagai bahan pertimbangan keputusan pemberian kredit. Selain itu, penilaian prinsip 5C calon debitur juga memberikan gambaran umum dan menambah keyakinan bank bahwa debitur memiliki tanggung jawab dan kemauan kuntuk mengenbalikan pinjaman yang diterima pada masa yang akan datang. Prinsip 5C tersebut adalah Character, Capital, Collateral, Capacity, dan Condition of Economy. Tujtuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh template analisa kredit usaha dan penilaian prinsip 5C terhadap efektivitas pemberian kredit mikro pada PT. Bank Mandiri Cabang Bandung Mohamad Toha. Penelitian ini dilakukan pada karyawan kredit mikro PT. Bank Mandiri Cabang Bandung Mohamad Toha dengan jumlah 31 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan template analisa kredit usaha dan penilaian prinsip 5C berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pemberian kredit. Secara parsial template analisa kredit usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pemberian kredit mikro, akan tetapi penilaian prinsip 5C secara parsial berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pemberian kredit mikro.
Description
Keywords
Template Analisa Kredit Usaha, Prinsip 5C, Efektivitas Pemberian Kredit Mikro, Template Business Credit Analysis, The 5C’s Principles, Credit Micro Effectiveness
Citation