PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR TERHADAP PERTIMBANGAN TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Audit atas laporan keuangan memiliki peran yang sangat penting dalam ekonomi pasar bebas. Para pengguna laporan keuangan mengharapkan bahwa laporan keuangan yang telah diaudit oleh auditor independen bebas dari salah saji material dan dapat dipercaya kebenarannya untuk dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kasus yang terjadi pada Kantor Akuntan Publik Hans Tuanakotta & Mustofa (HTM) saat mengaudit PT Kimia Farma pada tahun 2002. Dalam kasus tersebut menyebutkan bahwa auditor Hans Tuanakotta & Mustofa (HTM) dianggap kurang profesional karena tidak berhasil mengatasi risiko audit dalam mendeteksi adanya salah saji material dalam laporan keuangan PT Kimia Farma, walaupun ia telah menjalankan proses audit sesuai dengan Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory dengan pendekatan survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner dan kemudian menggunakan skala likert untuk memperoleh bobot jawaban responden yang disebarkan ke auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik yang berada di Kota Bandung yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 responden yang berasal dari 15 Kantor Akuntan Publik yang bersedia mengisi kuesioner. Pengujian statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pearson product moment. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan model analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan regresi linier sederhana diketahui bahwa variabel independen (profesionalisme auditor) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (pertimbangan tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan) dan pertimbangan tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan dipengaruhi oleh pengetahuan, kemampuan dan pengalaman yang dimiliki oleh auditor dalam melaksanakan proses pengauditan.
Description
Keywords
Auditor, Profesionalisme, Pertimbangan Tingkat Materialitas, Laporan Keuangan, Professionalism, Materiality Level Judgement, Financial Statements
Citation