PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (LKPD) (Studi kasus pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan standar akuntansi pemerintahan dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan penerapan standar akuntansi pemerintahan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah penerapan standar akuntansi pemerintahan sebagai variabel independen. Sedangkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di bagian keuangan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung yang berjumlah 36 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 36 pegawai di bagian keuangan. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver.19.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan standar akuntansi pemerintahan dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah termasuk kategori sangat baik. Selain itu hasil penelitian juga menunjukan bahwa penerapan standar akuntansi pemerintahan berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Jadi semakin tinggi penerapan standar akuntansi pemerintahan, maka akan semakin tinggi pula kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Sedangkan besar pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintahan dalam memberikan kontribusi pengaruh kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 92,1%.
Description
Keywords
Standar Akuntansi Pemerintahan, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Government Accounting Standards, Local Government Financial Report
Citation