PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Survei Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)
No Thumbnail Available
Date
2014
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti ada atau tidaknya pengaruh antara variabel
kualitas pelayanan dan pengetahuan pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak
orang pribadi. Ditinjau dari kasus yang terjadi belakang ini yaitu rendahnya
tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Indonesia, maka dibuat penelitian
untuk melihat faktor apa saja yang membuat tingkat kepatuhan wajib pajak orang
pribadi masih rendah.
Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 wajib pajak yang terdaftar di
Kantor Pelayanan Pajak Paratama Bandung Karees. Metode penelitian yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey yang merupakan
penelitian lapangan yang dilakukan terhadap sampel. Data yang dikumpulkan
dalam penelitian ini adalah data primer dengan media pengumpulan data melalui
kuesioner yang dibagikan ke setiap wajib pajak.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh parsial
antara kualitas pelayanan dan pengetahuan pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib
pajak orang pribadi. (2) terdapat pengaruh simultan antara kualitas pelayanan dan
pengetahuan pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi.
Description
Keywords
Service, Tax, Compliance, Tax Payer, Personal, Pelayanan, Pajak, Kepatuhan, Wajib Pajak, Orang Pribadi