PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Survei Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

No Thumbnail Available
Date
2014
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti ada atau tidaknya pengaruh antara variabel kualitas pelayanan dan pengetahuan pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Ditinjau dari kasus yang terjadi belakang ini yaitu rendahnya tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Indonesia, maka dibuat penelitian untuk melihat faktor apa saja yang membuat tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi masih rendah. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 wajib pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Paratama Bandung Karees. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey yang merupakan penelitian lapangan yang dilakukan terhadap sampel. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dengan media pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan ke setiap wajib pajak. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh parsial antara kualitas pelayanan dan pengetahuan pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi. (2) terdapat pengaruh simultan antara kualitas pelayanan dan pengetahuan pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi.
Description
Keywords
Service, Tax, Compliance, Tax Payer, Personal, Pelayanan, Pajak, Kepatuhan, Wajib Pajak, Orang Pribadi
Citation