PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, RETURN ON EQUITY (ROE), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), PRICE EARNING RATIO (PER), DAN PRICE TO BOOK VALUE (PBV) TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh pertumbuhan penjualan, return on equity (ROE), debt to equity ratio (DER), price earning ratio (PER) dan price to book value (PBV) terhadap return saham pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi penelitian terdiri dari 57 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga sampel penelitian yang terpilih sebanyak 37 perusahaan. Namun, terdapat 18 perusahaan yang dikeluarkan dari sampel karena perusahaan-perusahaan tersebut memiliki data outlier, sehingga sampel penelitian menjadi 19 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel pertumbuhan penjualan, return on equity (ROE), dan price to book value (PBV) memiliki pengaruh positif terhadap return saham. Sedangkan debt to equity ratio (DER) dan price earning ratio (PER) tidak memiliki pengaruh terhadap return saham. Sementara hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan penjualan, return on equity (ROE), debt to equity ratio (DER), price earning ratio (PER), dan price to book value (PBV) terhadap return saham. Besarnya pengaruh pertumbuhan penjualan, return on equity (ROE), debt to equity ratio (DER), price earning ratio (PER), dan price to book value (PBV) dalam memberikan kontribusi terhadap return saham adalah sebesar 62,77%, sedangkan sisanya adalah sebesar 37,23% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian.
Description
Keywords
Debt to Equity Ratio (DER), Pertumbuhan Penjualan, Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), Return On Equity (ROE), dan Return Saham., Debt to Equity Ratio (DER), Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), Return On Equity (ROE), Sales Growth, and Stock Return.
Citation