PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Akuntansi, Universitas Widyatama
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying dan (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dalam bentuk pertanyaan tertutup. Uji instrumenatau kuesionernya menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya teknik analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas sebagai syarat dalam analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pengetahuan Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. (2) Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Besarnya pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Kesadaran wajib pajak dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar 66,9%. Ini artinya kepatuhan wajib pajak dapat meningkat jika pengetahuan perpajakan dan kesadaran wajib pajaknya tinggi.
Description
Keywords
Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Taxpayer Awareness, Taxation Knowledge, Personal Taxpayer Compliance
Citation