PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY ACTIONS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Periode 2018 )

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan dan Dewan Komisaris terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Sustainability Actions sebagai variabel intervening (studi empiris pada perusahaan manufaktur sub sektor consumer goods yang terdaftar di BEI periode 2018) secara parsial, simultan dan analisis jalur (path analysis). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditahun 2018. Peneliti melakukan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang kemudian memperoleh 35 sampel perusahaan dari jumlah populasi 54 perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis), uji hipotesis T-statistik serta F-statistik. Perhitungan statistik dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS Statistics. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Ukuran Perusahaan dan Dewan Komisaris secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Pengungkapan Sustainability Actions. Secara parsial variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Sustainability Actions sedangkan variabel Dewan Komisaris berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Pengungkapan Sustainability Actions. Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris dan Pengungkapan Sustainability Actions secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Kemudian Ukuran Perusahaan dan Pengungkapan Sustainability Actions secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan sedangkan Dewan Komisaris berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Pengungkapan Sustainability Actions tidak mampu menjadi variabel pemediasi atau intervening hubungan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan.
Description
Keywords
Dewan Komisaris, Nilai Perusahaan, Pengungkapan Sustainability Actions, Ukuran Perusahaan, Board of Commissioners, Disclosure of Sustainability Actions, Firm Size, Firm Value
Citation